Senin, 09 April 2012

QS Ali-Imron 102-106 : Islam - Jama'ah - da'wah - firqoh- surga dan neraka

QS Ali-Imron 102-106 : Islam - Jama'ah - da'wah - firqoh- surga dan neraka

( QS Ali-Imron 102 )
'' hai orang-orang beriman bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya ketawaan. dan janganlah mati sungguh kalian kecuali dalam keadaan MUSLIM ''

( QS Ali-Imron 103 )
'' Dan berpegang teguhlah dengan tali Allah JAMI'AN dan janganlah berpecah belah.... ''

( QS Ali -Imron 104 )
'' Dan supaya ada segolongan dari kalian umat ( JAMA'AH ) yang mengajak pada kebaikan dan perintah pada kebaikan dan mencegah pada kemunkaran dan mereka itulah orang-orang yang beruntung (SURGA )"

QS Ali-'imron 105
'' Dan janganlah ada kamu seperti orang-orang yang berpecah belah ( FIRQOH ) dan berselisih setelah datang kebenaran kepada mereka. dan mereka itu,, bagi mereka siksa yang besar ( NERAKA) ''

QS Ali -Imron 106
'' harinya ( hari akhir ) putih beberapa wajah ( JAMA'AH ) dan hitam beberapa wajah ( MUNAFIQ / FIRQOH ). maka adapun orang-orang yang hitam beberapa wajah mereka bahwasanya KAFIR mereka setelah BERIMAN , maka rasakanlah siksa sebab apa-apa yang ada kamu sekalian mengkufuri"

------------------------------
-----
Ayat-ayat dalam QS Ali-imron diatas adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan ,yaitu :
kalian harus MUSLIM ( QS Ali-Imron 102 ) tetapi muslim saja tidak cukup,,
kalian harus ber JAMA'AH dalam menetapi talinya Allah ( kitab / agama Allah ) dan janganlah kalian FIRQOH ( berpecah belah ),,( QS Ali-Imron 103 )
Bila kalian sudah berjama'ah maka wajib bagi kalian untuk ber DA'WAH supaya kalian masuk ke dalam SURGA. ( QS Ali-Imron 104 ) ...
Dan kalian jangan seperti orang-orang yang berpecah belah dan berselisih setelah mereka mengetahui kebenaran yaitu yahudi dan nasroni ( QS Ali-Imron 105 )
karena ketika hari akhir maka akan ada 2 wajah , yang satu putih bercahaya ( JAMA'AH ) dan yang satu hitam pekat ( AHLI BID'AH dan AHLI FIQOH ) bagi yang hitam pekat maka dikatakan kepada mereka '' rasakanlah siksa ini sebab dulu kalian kufur
-----------

Katakan kepada hizby yang mengaku-ngaku salafiy , katakan kepada mereka , wahai '' akhi '' kalian berkata cukup syahadat maka dia masuk surga , lihatlah tidak cukup hanya muslim tetapi harus bersatu ( jama'ah ) dalam menetapi agama Alllah.

Dan katakan kepada mereka , ya ; tugas jama'ah adalah berda'wah sehingga walaupun dikatakan jama'ah dakwah maka tidaklah suatu masalah besar , karena Allah telah memerintahkan pada orang-orang iman yang berJama'ah untuk ber da'wah
( ayat 104 )

Lalu bila mereka berkata tidak ada ancaman keluar dari jama'ah itu akan kekal di neraka karena dia masih syahadat , maka katakan kembali kepada mereka , bukankah ayat 103 telah menjelaskan bahwa muslim saja ( ayat 102 ) tidak cukup menyelamatkan dari neraka ?

Barang siapa yang dalam menetapi agama Allah tidak ber jama'ah ( bersatu ) bahkan berpecah belah , maka Allah sudah mengancam mereka bahwa perbuatan mereka itu sebagaimana perbuatan yahudi dan nasroni ( ayat 105)

Dan perbuatan mereka itu akan menyebabkan wajah mereka hitam pekat ( karena mereka telah berbuat bid'ah dan berpecah belah ) di hari akhir sehingga mereka akan dimasukkan kedalam neraka karena mereka telah kafir setelah beriman / murtad ( ayat 106 )

Memahami suatu hukum , harus mengetahui sebab turunnya hukum itu.
ayat 103 turun berkenaan dengan 2 suku anshor madinah Bani Aus dan Bani Khazraj sudah dalam keadaan siap saling berperang karena di provokatori oleh yahudi. sehingga Rasulullah datang untuk mengingatkan kepada mereka bahwa kalian harus bersatu( jama'ah ) bila tidak kalian akan masuk kedalam neraka

Riwayat diatas telah membantah orang yang berkata jama'ah adalah engkau menetapi kebenaran saja ( JAMA'AH ADYAN ). karena seandainya hanya sebatas menetapi kebenaran maka apakah kaum anshor tidak menetapi kebenaran ( sunnah ) , mereka lebih sunnah dari kalian yang mengaku salafiy.
tetapi tetap dituntut bersatu dalam menetapi kebenaran , sehingga Ibnu katsir dalam menjelaskan ayat 103, membawakan hadist yang intinya adalah TAUHID-JAMA'AH-IMAM.
satu kesatuan yang tidak bisa dipisah , dicampur aduk aqidahnya lalu dikatakan inilah jama'ah dengan penguasa sebagai imamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar