Senin, 09 April 2012

Dalil dan fiqh berdiri langsung tanpa duduk terlebih dahulu setelah sujud

AN-NU’MAN BIN ABI "IYAS BERKATA : KAMI MENDAPATKAN BUKAN HANYA SEKALI DUA KALI DARI PARA SHAHABAT NABI SAW. MAKA APABILA BANGKIT DARI SUJUD DIAWAL RAKAAT DAN PADA RAKAAT KETIGA (MEREKA) LANGSUNG BERDIRI TANPA DUDUK (TERLEBIH DAHULU. (NAILU AL-AUTHAR 2 : 103)
"... LALU NABI SUJUD HINGGA SEMPURNA SUJUDNYA, LALU BANGKIT SAMPAI SEMPURNA DUDUKNYA (DUDUK DIANTARA DUA SUJUD), LALU SUJUD SAMPAI SEMPURNA SUJUDNYA, KEMUDIAN BANGKIT SAMPAI SEMPURNA BERDIRINYA. (HR. BUKHARY)
BAHWA DUDUK SEPERTI INI BOLEH DILAKUKAN  BILA DUDUK TERSEBUT DIBUTUHKAN SEPERTI BAGI ORANG YANG LANJUT USIA ATAU SAKIT-SAKITAN YANG KALAU LANGSUNG BERDIRI MATA BERKUNANG-KUNANG, SEMENTARA BILA TIDAK DIBUTUHKAN MAKA DUDUK INI TIDAK MESTI DILAKUKAN. OLEH KARENA ITU PARA ULAMA MENAMAKAN DUDUK MODEL SEPERTI INI DINAMAKAN JALSAH ISTIRAHAH (DUDUK ISTIRAHAT). FATHU AL-BAARY 2 : 302
"...YANG JELAS BAHWA DUDUK SEPERTI INI DILAKUKAN OLEH NABI SAW KETIKA BELIAU (BADANNYA) GEMUK DAN SUDAH MULAI LEMAH (FISIKNYA) .. (TA’LIQ BULUGHU AL-MARAM 61). IBNU AL-QOYYIM MENGATAKAN ... BAHWA DUDUK SEPERTI INI BUKAN MERUPAKAN SUNNAT SHALAT AKAN TETAPI DILAKUKAN KARENA SUATUI KONDISI (FIQH AL-SUNNAH I : 208).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar